Cara Akses Local Web Server ke Public dengan SSH Gratis

Diterbitkan Oleh Muaz Ramdany September 06, 2018 Loading... views No Comments

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Cara Akses Local Web Server ke Public dengan SSH. Seperti yang saya ketahui bahwa (secure share) SSH  adalah aplikasi pengganti remote login seperti telnet, rsh, dan rlogin, yang jauh lebih aman. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mengakses mesin secara remote. Sama seperti telnet, SSH Client menyediakan User dengan Shell untuk remote ke mesin. Tidak seperti telnet, SSH menyediakan koneksi enkripsi antara klien dengan server. Dalam prakteknya, penggunaan menggunakan telnet dan ssh seperti perbedaan dengan mengakses website biasa dengan website yang lebih aman (HTTPS).

Mungkin penjelasan di atas sobat bisa sedikit ada gambaran dari pengertian SSH, sekarang bagaimana sobat bisa memanfaatkan atau menggunakan SSH ? Baiklah, saya akan eksperimen dengan memanfaatkan SSH dari serveo.net yang memberikan fitur gratis entah selamanya atau hanya hitungan beberapa bulan atau tahun entahlah, karena saya tidak tahu pasti tentang hal itu.

Tujuan saya menggunakan cara ini untuk keperluan pentest system pada project web yang saya buat, atau bisa juga untuk demo project web saya untuk klien yang ingin melihat project website dan lain-lain.

Eksperimen kali ini saya menggunakan laptop dengan :
  • Operating System Windows 10 (versi terbaru)
  • WSL (windows sub system linux) yang telah terpasang WSL kali linux
  • XAMPP yang telah terpasang
Pertama, perlu diperhatikan jika sobat menggunakan OS windows 10, sobat di haruskan pasang WSL (windows sub system linux) dan jika sobat menggunkan OS linux sobat tinggal pasang SSH dengan perintah begitupun WSL :

$root@root > sudo apt-get install ssh && autossh

Selanjutnya buka command promt WSL nya, karena IP local bawaan XAMPP itu 127.0.0.1 dengan port 80 sebagai webroot default nya maka, sobat tinggal menjalankan perintah untuk melakukan forwading ke server local :

$root@root > ssh -R namadomainsobat.serveo.net:80:127.0.0.1:80 serveo.net


Tinggal jalankan, maka akan otomatis SSH melakukan forwading ke IP local sobat dengan namadomainsobat.serveo.net . ok sampai disini paham ya.

Tapi jika ingin melihat selengkapnya sobat bisa buka situs ini : http://serveo.net

Langkah selanjutnya buka browser dan akses sub domain tersebut, maka hasilnya seperti gambar di bawah ini :


Selamat, sekarang local web server bisa di akses ke internet dengan nama subdomain tersebut.

Sebagai tambahan, saya akan melakukan forwading dengan IP local yang berbeda yang mengarah ke webroot berbeda selain htdocs bawaan XAMPP  dengan menambahkan virtual hosts pada apache.

Pertama, sobat harus menentukan webroot mau disimpan dimana, misalnya di Partisi D lihat contoh gambar di bawah ini :


Bisa sobat lihat saya telah menambahkan folder baru dengan nama folder D:/Project/CONTOH_WEBROOT_BERBEDA, sobat bisa asumsikan bahwa folder tersebut adalah webroot sama seperti htdocs.

Selanjutnya sobat pergi ke C:\xampp\apache\conf dan buka file bernama httpd.conf, tambahkan IP 127.0.0.2 atau terserah sobat yang terpenting berformat IP seperti contoh gambar di bawah ini :


Setelah itu sobat buka folder C:\xampp\apache\conf\extra dan buka httpd.vhosts.conf dan tambahkan vhosts untuk mengarahkan ke folder D:/Project/CONTOH_WEBROOT_BERBEDA seperti contoh gambar di bawah ini :


Atau sobat bisa copy & paste code di bawah ini :

<virtualHost 127.0.0.2:80>
 DocumentRoot " D:/Project/CONTOH_WEBROOT_BERBEDA"
 <Directory " D:/Project/CONTOH_WEBROOT_BERBEDA">
         Allow from all
         Require all granted
     </Directory>
</VirtualHost>

Ok, setelah semuanya selesai, langkah selanjutnya restart apache dan akses di browser dengan IP yang tadi ditambahkan tadi dan selesai.

Jika IP yang tadi di akses tidak mengarah ke internal server error berarti vhost yang tadi dibuat telah berjalan sempurna. langkah terakhir sobat tinggal lakukan forwading lagi ke IP tersebut, caranya sama kayak yang di atas.

Baca juga : Cara Membangun Web Server Public Dengan Ngrok

Jadi itulah penjelesan singkat saya mengenai judul tulisan ini. Mudah mudahan bisa berguna dan bermafaat bagi sobat yang membaca dan mempraktekannya. Selamat mencoba.

Pos Terkait

Komentar Pada `Cara Akses Local Web Server ke Public dengan SSH Gratis`

0 Komentar Pada `Cara Akses Local Web Server ke Public dengan SSH Gratis`